Center of Testing Machine in Indonesia

  • Pameran1.jpeg
  • Pameran2.jpeg
  • Pameran3.jpeg
  • Pameran4.jpeg
  • Pameran5.jpeg

Pengujian Tarik/Tekan, Hardness dan Metallography - Gratis

Untuk mendukung program Masyarakat Mutu, kami mengundang para Industriawan, Dosen, Peneliti dan Praktisi menguji sample test tarik/tekan pada mesin UTM di showroom kami, tanpa dikenakan biaya. Hal ini juga berlaku untuk sample preparasi untuk uji Metallography: cutting, mounting, grinding & polishing.

Bila ada yang berminat silahkan hubungi via Hp/WA: Frans (0818-106687) , Robi M (0812-1380-0084), Djodi BS (0821-22753917) untuk membicarakan type & jumlah sampel, metode uji, hari dan waktu nya

Sudah seharusnya setiap produk sebelum dipasarkan ke konsumennya harus melalui tahap pengujian yang berlapis. Harapannya agar saat produk atau barang yang sudah dibeli konsumen kondisinya aman ketika digunakan, tahan lama dan tidak mudah rusak.

Begitupun seharusnya dengan produk yang tidak dibeli langsung oleh konsumen namun lebih bersifat sebagai prasarana untuk kepentingan masyarakat umum seperti jalan layang, gedung, jembatan dan tanah reklamasi yang semua ini dikenal sebagai infrastruktur.

Beberapa kejadian kerusakan infrastruktur hampir semuanya disebabkan tidak adanya pengawasan mutu yang baik pada saat pembangunannya. Peristiwa ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara pada tahun 2011 yang menyebabkan 18 orang korban meninggal dunia. Lalu pada tanggal 23 Februari 2012, jembatan beton di Desa Caringin, Sukabumi roboh yang menyebabkan ribuan warga terisolir karena sarana penghubung warga telah terputus. Sedangkan pada 20 September 2013, Gedung Olah Raga (GOR) Koja, Jakarta Utara yang sedang dibangun roboh dengan menyebabkan korban 6 orang luka-luka. Pada tahun 2014 tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2014, jembatan penghubung antara gedung Arsip dengan Perpustakaan DKI Jakarta di Taman Ismail Marzuki ambruk yang menyebabkan 4 korban tewas. Kemudian sebagian bangunan Ruko setinggi 6 lantai di Jelutung, Jambi roboh pada 27 April 2015 tanpa ada korban. Sedangkan pada 23 Desember 2016, jembatan Cisomang sebagai penghubung tol Cipularang mengalami keretakan dan pergeseran pada salah satu pilar tiangnya yang berpotensi untuk ambruk. Bendung Sumur Watu, Indramayu yang proyek pengerjaannya dimulai sejak tahun 2012 telah ambruk dalam waktu 2 tahun saja, kemudian perbaikan tiang pancang yang rusak sampai tahun 2017 masih belum berjalan dengan baik.

Kerusakan infrastruktur seperti yang digambarkan di atas ada yang terjadi karena kondisi alam dan penyimpangan alokasi anggaran, namun terlepas dari semua penyebab tersebut PT Waskita Karya, produsen konstruksi beton precast,  seperti ingin menjadi pionir dalam penegakan mutu. Sebagai pemasok spunpile (tiang pancang) di berbagai proyek besar infrastruktur antara lain reklamasi dan jalan tol,  PT Waskita Karya melakukan pengujian lengkung dengan menggunakan alat uji produksi Hung Ta. Pengujian ini ditujukan untuk memastikan kualitas spunpile produksi PT Waskita Karya mampu menahan beban operasional dalam  jangka waktu yang diinginkan sesuai perencanaan. Adalah PT Ostenco Promitra Jaya sebagai pemasok tunggal produk Hung Ta yang membantu pelaksanaan mutu ini. Dengan ketersediaan teknisi dan suku cadang membuat pengujian spunpile berjalan sesuai harapan. Ketangguhan dan kualitas material spunpile makin bisa dioptimalkan melalui hasil pengujian.

Gambar 1 di bawah memperlihatkan proses pengujian spunpile yang dimulai dari persiapan sampel uji, pengoperasian alat, pengamatan keretakan oleh pihak ketiga saat beban lengkung diberikan lalu proses pencatatan dan pelaporan.

Gb. 1. Pengujian Spunpile PT Waskita Karya

Untuk lebih memastikan kualitas dan serta mendukung program membangun masyarakat mutu di Indonesia, PT Waskita Karya yang telah terdaftar sebagai perusahaan yang memiliki sertifikat mutu ISO 9000 dan 18000 sejak tahun 2014,  merencanakan untuk melakukan pengujian terhadap semua produk beton precast yang dihasilkannya. Semoga langkah PT Waskita Karya ini segera diikuti oleh perusahaan konstruksi lainnya. *)13june17, email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.